"Ilmu itu lebih baik daripada harta. Ilmu menjaga engkau dan engkau menjaga harta. Ilmu itu penghukum (hakim) dan harta terhukum. Harta itu kurang apabila dibelanjakan tapi ilmu bertambah bila dibelanjakan." (Saidina Ali bin Abi Talib)

Senin, 23 Juli 2012

Arti "IMSAK" dalam Islam

Assalamu'alaikum wr. wb....

Di bulan Ramadhan, banyak orang yang menganggap kalau “IMSAK” adalah "batas waktu antara sahur dan mulai dari puasa". Maksudnya dalam pandangan umum, bila sudah masuk imsak maka sudah tidak diperbolehkan lagi makan/minum (sudah mulai berpuasa).

“Imsak”, sebuah tradisi yang berkembang dalam Islam dengan mengatas namakan ketentuan Syariat Islam, padahal praktek Imsak, sebagai tradisi warning menghentikan sahur bagi muslim yang berpuasa, sama sekali tidak mencerminkan ajaran Islam, tetapi suatu ketentuan Fiqh yang sifatnya mengada-ada. Islam tidak pernah mengajarkan ajaran Imsak kepada pemeluknya.

Imsak hanya dikenal di asia Tenggara (khususnya Indonesia), kemungkinan yang membuat ajaran Imsak ini berniat baik agar kita ada waktu untuk bersiap diri melaksanakan sholat dan mempersiapkan waktu terbitnya fajar, namun sebenarnya Islam yg diajarkan Rasulullah SAW sudah sempurna sehingga tidak perlu ditambah atau dikurangi, akibatnya pada hari ini banyak umat menganggap batas akhir makan sahur adalah Imsak sehingga menghilangkan ajaran Rasulullah SAW yang sesungguhnya.

Dalil:
"Jika salah seorang Dari Kamu Mendengar Adzan Sedangkan Ia Masih Memegang Piring (Makanan),Maka Janganlah Ia Meletakkannya Hingga Ia Menyelesaikan Hajatnya (makannya)" [HR. Imam Ahmad, Abu Dawud, Hakim, dishahihkan oleh Adz Zahabi]

Ibnu Umar berkata, "Alqamah Bin Alatsah Pernah Bersama Rasulullah,Kemudian Datang Bilal akan mengumandangkan adzan, kemudian Rasulullah Saw Bersabda, "Tunggu sebentar wahai bilal..!, Alqamah sedang makan sahur" [Hadist ini dihasankan oleh Syaikh Al Albani]

“… Dan makan serta minumlah sampai nampak jelas bagi kalian benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa kalian sampai datang malam hari…” (Q.S Al-Baqarah:187).

Jadi, Batas Santap Sahur Adalah Adzan Subuh, Bukan IMSAK.

"Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah. Dan apa yang dilarang bagimu maka tinggalkanlah"
(Q.S Al Hasyr : 7)

Semoga artikel ini bermanfaat dan tidak makin tersebar kesalahan dan kekeliruan di masyarakat. Terutama di keluarga kita.

Terima kasih ^^

1 komentar:

  1. pnecerahan .. pemnahasan seputar imsak,,,
    trima kasih

    #blogwalking senja

    BalasHapus